A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/arrah340/public_html/smp/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/arrah340/public_html/smp/index.php
Line: 315
Function: require_once

Program Unggulan | SMP UNGGULAN AR-RAHMAN

SMP UNGGULAN AR-RAHMAN

Jl. Moch Amir Km 9, Kec. Bojonggenteng Parungkuda Kab. Sukabumi Jawa Barat

Menciptakan Generasi Tangguh, Cerdas Dan Berakhlak Mulia

Program Unggulan

Selasa, 24 Oktober 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 67 Kali

  1. Kurikulum Unggulan

Kurikulum unggulan di SMP UNGGULAN AR-ARAHMAN SUKABUMI antara lain:

  • Penguatan dan Pendalaman Mata Pelajaran Dasar, (Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia)
  • Penguasaan Bahasa Asing, (Bahasa Arab dan Inggris) secara aktif, baik lisan maupun tulisan yang tersertifikasi.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

  1. Kurikulum Kepesantrenan

Untuk menyiapkan intelektual muslim yang memiliki kompetensi:

  • Memiliki keyakinan akidah islamiyah yang lurus
  • Menjalankan ibadah dengan cara yang benar
  • Menunjukkan akhlak terpuji
  • Memiliki wawasan keislaman yang luas
  • Menyampaikan kebenaran serta dakwah islam dengan baik

Muatan pelajaran sebagai berikut:

  • Aqidah Akhlak
  • Fiqh & Muamalah
  • Al-Qur’an dan Hadits
  • Bahasa Arab
  • Tahfidz Al-Qur’an
  • Tajwid dan Tahsin
  • Tarikh Islam
  • Baca Tulis Al-Qur’an
  • Muhadhoroh
  • Taushiyah

 

  1. Program Pengembangan Bahasa Arab dan Inggris
  1. Ad-Dirôsah As-Shobâhiyyah (reguler), pembelajaran yang dilakukan di kelas, agar siswa memiiki:
  • Kemampuan berbicara menggunakan bahasa Arab dan Inggris dengan fasih dan benar.
  • Kemampuan menulis dan merangkai kalimat dengan baik dan benar sesuai kaidah imla’iyyah dan khot (mahârotul kitâbah).
  • Kemampuan membaca dengan cepat, tepat dan fasih sesuai dengan kaidah (mahârotul qirôah).
  • Kemampuan memahami tata bahasa arab / inggris (qô’idatunnahwiyyah wa shorfiyyah)
    1. Al-Hiwârot As-Shobâhiyyah, yaitu kegiatan penerapan percakapan. Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah sholat subuh dengan bimbingan para guru yang dibantu oleh peserta didik pilihan yang sudah terlatih. Bertujuan agar siswa mampu berdialog dan bercakap dengan bahasa asing kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun.
    2. Ilqôil kalimât, yaitu penyampaian kalimat (al-khitôbah) di depan khalayak umum. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 bagian:
  • Ilqôil kalimât al-yaumiyyah, yang dilakukan setiap hari, ba’da sholat fardhu.
  • Ilqôil kalimât al-usbû’iyyah, yang dilakukan seminggu sekali.

Yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah:

  • Dapat menerapkan gaya berbahasa dan retorika yang baik dalam menyampaikan pesan, ajakan atau anjuran.
  • Memperkaya kosa kata dan mengerti isi dari setiap kalimat yang disampaikan.
  • Mampu menulis tulisan bahasa arab dengan baik dan benar.
  • Menghafal serta memahami ayat Al-Qur’an dan Hadits beserta kandungan maknanya.
    1. Al-Masrôhiyyah, yaitu kegiatan pelatihan dan penerapan kecakapan berbahasa melalui media drama pendek dengan cerita-cerita menarik. Kegiatan ini melatih kreatifitas peserta didik untuk dapat menentukan, merangkum, menerjemahkan, serta menyusun dialog yang akan dibawakan menjadi sebuah alur cerita sesuai dengan tema yang dapat dipertontonkan. Tujuannya adalah:
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita dan menampilkannya di depan khalayak umum.
    1. Al-Musyâhadah wa As-Sima’ah, yaitu kegiatan menonton, menyimak atau menyaksikan dari sebuah film, cerita, atau pidato dan lain-lain, kemudian disampaikan kembali, baik secara lisan maupun tulisan dan diserahkan kepada musyrif al-lughoh untuk diperiksa dan dinilai. Kegiatan ini sedikitnya dilakukan seminggu sekali.
    2. Al-Unsyudah, yaitu kegiatan melantunkan syair-syair atau nasyid dengan irama. Bertujuan untuk melatih kafasihan dalam pengucapan kalimat serta memberikan wawasan kesusastraan terkait bahasa itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan berkelompok atau sendiri, sedikitnya seminggu sekali.
    3. Al-Musâbaqoh awil Mubâroyah, yaitu perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan pengembangan kecakapan berbahasa, mulai dari perlombaan Masrohiyyah, Ilqôil kalimât, Al-Unsyudah, pembacaan sya’ir, menulis cerpen, mengarang dan lain-lain sebagainya.
    4. Tadbîru Al-majallât al-hâitiyyah, yaitu pengelolaan majalah dinding yang dilakukan oleh siswa dengan karya-karya tulis, pengumuman, pesan-pesan, gagasan dan ide, saran ataupun kritikan. Al-majallât al-hâitiyyah ini dilakukan minimal sebulan sekali.
    5. Tasmiyyatul Amâkînil ‘Ammah wal Muhimmah, yaitu kegiatan penamaan tempat-tempat umum dan penting dengan menggunakan bahasa Arab atau Inggris.

 

  1. Program Pengembangan Tahfidz Al-Qur’an

Proses pembelajaran di Kelas tahfidz antara lain :

KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

  • Pembelajaran berkelompok, 1 kelompok 5-7 anak.
  • 1 kelompok 1 guru pembimbing tahfidz
  • Didukung dengan program menghafal dengan metode mutqin
  • Memberikan teori dan praktek Ilmu Tajwid dan Qiroah
  • Memberikan teori dan praktek tentang cara menulis huruf  Arab

Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan antara lain:

  • Metode Musyafahah ( Face to face)

Metode ini dilakukan melalui cara :

  • Guru membaca dan murid mendengarkan
  • Murid membaca dan guru mendengarkan
  • Membaca bersama
  • Metode Resitasi

Guru memberi tugas kepada santri untuk menghafal beberapa ayat atau halaman sampai hafal betul, kemudian murid membacanya di depan guru

  • Metode Taqrir

Murid mengulang hafalannya di depan guru.

  • Metode Mudarrosah

Semua murid menghafal secara bergantian dan berurutan dan yang lain mendengarkan/menyimak.

Dalam prateknya mudarrosah ini ada tiga cara :

  • Mudarrosah ayat
  • Mudarrosah halaman (pojokan)
  • Mudarrosah perempatan (seperempat juz)
  • Metode Test

Untuk mengetahui ketepatan dan kelancaran hafalan murid di depan tim penguji.

...

M. Ihsan, S.Ag

Bismillahirrahmaniraahim Assalamu’alaikum wr.wb   Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita. Shalawat dan…

Selengkapnya